Bos McLaren Mau Manfaatkan Persaingan Hamilton-Verstappe

Pemilik McLaren, Zak Brown, senang dengan persaingan Lewis Hamilton(Mercedes AMG Petronas) dengan Max Verstappen (Red Bull Racing) di Formula One (F1) 2021. Akan tetapi, Brown berniat memanfaatkan persaingan mereka untuk keuntungan para pembalap McLaren.

Sebagaimana diketahui, F1 2021 diwarnai persaingan Hamilton selaku juara bertahan dengan Verstappen. Sejak balapan pertama, F1 GP Bahrain 2021, kedua pembalap itu tidak pernah absen dari dua podium teratas.

Hamilton keluar sebagai pemenang F1 GP Bahrain 2021, sedangkan Verstappen harus puas menempati posisi kedua. Akan tetapi, Verstappen membalas Hamilton pada balapan kedua, F1 GP Emilia Romagna 2021.

Persaingan mereka pun berlanjut pada dua balapan berikutnya. Akan tetapi, Hamilton mampu mengatasi perlawanan Verstappen di F1 GP Portugal 2021 dan F1 GP Spanyol 2021.

Hasil empat balapan pertama musim ini membuat Hamilton memimpin klasemen sementara dengan koleksi 94 poin. Verstappen membuntuti Hamilton di posisi kedua dengan koleksi 80 poin.

Persaingan Hamilton dengan Verstappen merupakan hal bagus untuk F1, menurut Brown. Akan tetapi, Brown tahu persaingan mereka akan memberi ruang pada pembalap lain dalam balapan.

Balapan Formula 1 adalah olahraga paling terkenal di dunia. Aturan yang mengatur balapan Formula 1 memang rumit,
tetapi tidak perlu mengetahui atau memahami setiap detail regulasi untuk menikmati olahraga.

Balapan Formula 1 seperti yang sekarang berkembang dari Grand Prix Eropa awal abad ke-20. Meskipun masih dianggap sebagai olahraga Eropa,
lebih banyak acara Kejuaraan Dunia setiap musim diadakan di lokasi di luar Eropa dari pada di Eropa sendiri. Tim balap Formula 1 teratas memiliki markas Eropa.

Balapan Formula Satu adalah yang paling terorganisir dari semua balapan mobil. Pembatasan ditempatkan pada setiap komponen kendaraan.
Desainer harus inovatif untuk membuat mobil yang mengungguli mobil balap Formula 1 lainnya dan tetap memenuhi semua pedoman FIA.

Baca Juga  5 Fakta Balapan Formula 1 yang Tidak Banyak diketahui

Kondisi berbahaya dari balapan berkecepatan tinggi mendorong FIA untuk mengembangkan regulasi keselamatan.

Setiap perlombaan berlangsung di lokasi yang berbeda. Monte Carlo adalah contoh sempurna.
Grand Prix Monaco yang diselenggarakan di Monte Carlo memang identik dengan balapan Formula 1 karena selalu menjadi bagian dari seri tersebut.
Awalnya, Grand Prix Formula 1 diadakan di jalan umum tertutup dan Grand Prix Monako terus mengikuti tradisi ini.
Tempat-tempat baru di seluruh dunia, seperti di Bahrain, diadakan di sirkuit yang telah dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan balap Formula 1.
Tim harus mengangkut kendaraan, perlengkapan, dan suku cadangnya ke setiap balapan.

Sebuah tim balap Formula 1 boleh memasukkan hingga dua pembalap dan mobil per balapan.
FIA telah menulis instruksi tentang cara mengecat mobil. Kedua mobil tim memiliki penampilan yang mirip tetapi dapat dibedakan.

Balapan Formula 1 memberikan satu gelar kejuaraan dunia kepada satu pembalap dan satu tim setiap musim.
Di akhir setiap balapan, pembalap terbaik diberikan poin berdasarkan peringkat akhir mereka.
Tim mendapatkan poin untuk masing-masing dari dua mobil yang ikut balapan. Di akhir musim, pembalap dan tim dengan poin terbanyak dinyatakan sebagai Juara Dunia.

Format Sprint Qualifying Bakal Mulai Diterapkan di F1 GP Inggris 2021

Pihak penyelenggara Formula One (F1) akhirnya mengumumkan kapan tepatnya format sprint qualifying akan diterapkan. Lewis Hamilton dan kawan-kawan akan mencicipi format baru ini pada balapan F1 GP Inggris 2021.

Sebagaimana diketahui, pihak penyelenggara F1 memang mengumumkan penerapan sistem baru untuk sesi kualifikasi. F1 mengadopsi sistem baru, yakni sprint qualifying.

Dengan format baru ini, para pembalap akan menempuh jarak 100 kilometer (km) tanpa diperbolehkan masuk pit stop untuk mengganti ban. Sesi ini akan dipakai untuk menentukan posisi start saat lomba.

Tiga pembalap teratas nantinya diberi poin ekstra, tiga untuk pole sitter, dan seterusnya. Sprint qualifying mirip dengan lomba, tetapi dengan jarak tempuh hanya 100 km. Para pembalap diizinkan saling menyalip demi mendapat posisi terbaik.

Baca Juga  5 Fakta Balapan Formula 1 yang Tidak Banyak diketahui

Sistem ini dipakai pada ajang balapan F2 dan F3 dengan nama sprint race. Selama ini, format pekan balapan F1 selalu diisi tiga sesi latihan bebas (FP) dan tiga babak kualifikasi (Q1-Q3). Dengan adopsi sistem sprint qualifying, format pekan balapan akan berubah.

Rencananya, format ini pun akan digunakan di tiga balapan pada musim ini. Kini, F1 GP Inggris 2021 pun dipastikan bakal menjadi seri pertama yang menerapkan format tersebut. F1 GP Inggris 2021 sendiri diketahui akan digelar di Sirkuit Silverstone pada 16-18 Juli 2021.

sebgaian sumber dari : okezone.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *