5 Fakta Balapan Formula 1 yang Tidak diketahui

Balap Formula 1 selau menarik diperbincangkan. Apalagi soal fakta-fakta yang mungkin tak banyak orang yang tahu, seperti daftar fakta berikut.

Balap mobil Formula 1 (F1) sudah dihelat sejak tahun 1950-an. Balapan ini memberikan banyak sumbangsih untuk mengembangkan industri otomotif dunia.

itu salah satu manfaat F1, selain sebagai kompetisi balap mobil.

ada beberapa fakta balap mobil F1 yang mungkin tak banyak yang tahu, seperti dikutif dari Zing.

5 Fakta Balapan Formula 1 yang Tidak diketahui

Terdapat 600 Orang Dalam 1 Tim

Jika kamu pencinta balaf F1, atau setidaknya pernah menonton balap F1 baik secara langsung atau di TV, tentu pernah melihat situasi balap tersebut. beberapa kali kamera menyorot kondisi masing-masing tim yang mengikuti balap mobil kelas dunia ini.

Terlihat banyak sekali staff yang berada dalam satu tim, sekitar 50-an orang. Puluhan staff itu memiliki tugas masing-masing selama 3 hari balapan. Terlepas dari kondisi saat balapan, ternyata ada lebih dari puluhan staff yang membantu seorang pembalap.

Beberapa tim, memiliki hampir 600 orang staff yang bekerja sama untuk menyukseskan orang pembalap. masing-masing pembalap memiliki tim mekanik, manager, teknisi, dan asisten oprasional.

Jumlahnya memang menyesuaikan sebeberapa besar nama tim dan nama pembalap yang tergabung dalam sebuah tim.

Tak Hanya Satu Kejuaraan

Banyak anggapan bahwa pembalap berkompetisi hanya untuk mencapai kemenangan dan mendapatkan predikat juara. Padahal ada gelajr kejuaraan kedua yang disebut Constructor Championship.

Kejuaraan ini didapat dari hasil kalkulasi skor dua pembalap dari satu tim yang sama. Kejaran tim ini tidak semenarik kejuaraan individu memang, tetapi hadiah dari kejuaraan tim cukup besar bagi tim untuk terus bisa berkompetisi, atau mundur dari F1 musim selanjutnya.

Baca Juga  3 Tips Belajar Motor Yang Wajib dipatuhi Bagi Pemula

Dilarang isi Bensin Saat Balap

Tak seperti balapan Nascar, Balapan F1 mengharuskan mobil balap diisi bensin sebelum balapan dimulai. Pembalap harus meanfaatkan bahan bakar yang tersedia. Mobil balap F1 hanya diizinkan masuk area teknis untuk mengganti ban.

Dulu, balapan F1 masih menggunakan pengisian bahan bakar selama kompetisi, akan tetapi sebuah insiden berbahahaya mengubah aturan tersebut. Maka dari tu, tim harus mempersiiapkan berapa banyak jumlah bahan bakar yang cukup untuk balapan.

Kehilangan Cairan 4L

Pembalap F1 bisa kehilangan ciaran tubuh 3,5 Liter ingga 4 Liter dalam setiap balapan. Hal itu lantaran para pembalap harus fokus dan ventilasi mobil F1 yang cukup buruk.

Mobil para pembalap dilengkapi dengan air yang bisa diminum oleh pembalap, dengan cara menekan salah satu tombol di setir mereka. Sehingga mereka tak sampai dehidrasi`

20 Tombol di dalam Setir

Setir Mobil F1 dielngkapi dengan berbagai macam tombol untuk mengaktifkan fiture-fiture teknologi mobil, itu kenapa setir F1 lebih terlihat seperti permainan game, daripada untuk kompetisi.

Parapembala dilibatkan saat mendesain setir mereka, pada setir F1, pembalap bisa megatur mode mesin, berbicara dengan teknisi balap, bahkan bisa mengatur speed limit ketika sedeang balap.

Balapan profesional dengan cepat menjadi salah satu olahraga paling populer di Amerika dan mendapatkan popularitas di seluruh dunia. Meski ada banyak jenis balapan yang bisa dipilih, balapan F1 atau Formula 1 adalah yang paling terkenal di Amerika. Selama balapan F1 ini, mobil sport yang disponsori oleh pengiklan,setiap tahun pembalap top bersaing di Kejuaraan Pembalap Dunia.

Mobil balap itu sendiri mungkin merupakan salah satu daya tarik terbesar bagi orang banyak.
Balapan F1 memiliki aturan tentang bagaimana sebuah mobil dibuat dan bagaimana kinerjanya, tetapi tim masih berhasil membuat mobil mereka luar biasa. Mobil balap F1 standar memiliki satu jok. Mesin diposisikan di belakang pengemudi, bukan di depan yang mengurangi hambatan.

Baca Juga  3 Tips Belajar Motor Yang Wajib dipatuhi Bagi Pemula

Fitur aerodinamis lain dari mobil balap F1 modern adalah sayap, yang biasanya berada di depan dan belakang kendaraan. desain kokpit terbuka juga menambah risiko pada balapan.

Ada banyak komponen teknis balap F1 yang menjadikannya olahraga yang menarik.
Menyalip adalah salah satu sensasi terbesar dalam balapan F1. Seorang pembalap dapat memutuskan untuk mengambil kesempatan untuk mengalahkan pembalap lain, tetapi poin yang paling menguntungkan dalam balapan adalah di start atau tikungan pertama.

Banyak keterampilan yang dibutuhkan dalam semua manuver yang digunakan untuk mendapatkan posisi termasuk belokan. Menikung hanya membutuhkan pengetahuan bagaimana menangani tikungan secara efektif dengan jumlah traksi paling sedikit. Untuk melakukan ini, pengemudi harus tahu cara menginjak rem dengan benar, menggunakan gas, dan mengendalikan tikungan.

Dalam balapan Formula 1, menikung adalah keterampilan yang penting untuk dikuasai, tetapi ada juga beberapa teknik yang harus dihindari pembalap. Salah satu teknik tersebut adalah oversteer. Saat pengemudi menyalip jalurnya, ia telah memutar roda ke titik di mana bagian ekor memaksa seluruh mobil kehilangan cengkeramannya.

Balapan F1 mungkin tampak seperti hobi yang menyenangkan, namun balapan F1 telah menjadi bisnis yang serius.
Ini adalah bisnis yang membutuhkan ratusan juta dolar untuk mendanai satu tim. Uang yang dihabiskan di industri kemungkinan besar akan diimbangi dengan penjualan tiket dan penjualan piala balap. Mobil yang cepat dan elegan, mesin yang berdengung, dan kegembiraan kerumunan adalah alasan yang cukup untuk membuat para penggemar kembali lagi.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *